Kandungan Telur

on 09 Maret 2009


Telur merupakan makanan sumber protein tinggi dan mengandung hampir semua zat gizi essensial. Protein telur sering dijadikan standar pembanding protein makanan sumber protein lain. Nilai biologis telur adalah 93,7%, sedangkan susu 84,5%, ikan 76% dan daging sapi 74,3%.

Telur tersusun atas 1/3 kuning telur dan 2/3 putih telur. Kuning telur mengandung 50% air dan sepertiga adalah lemak, trigliserida (65,5%), fosfolipid (28,3%) dan kolesterol (5,2%). Putih telur lebih cair mengandung 90% air, protein, karbohidrat, ion anorganik dan tidak mengandung lemak dan kolesterol.

Secara umum kandungan zat gizi telur ayam kampung dan ayam negeri sama. Kandungan zat gizi per 50 gram telur ayam kampung dan ayam negeri sama yaitu energi 85 kalori, protein 7 gram, lemak 6 gram, karbohidrat 0,5 gram, kalsium 27 mg, zat besi 1,4 mg, vitamin A 155 RE.

Kandungan zat gizi telur ayam kampung dan ayam negeri bisa berbeda karena telur ayam kampung lebih kecil dari ayam negeri. Oleh karena itu, apabila Anda mengonsumsi telur ayam negeri ukuran besar tentu kandungan zat gizinya lebih besar dibandingkan dengan telur ayam kampung ukuran kecil.

Anda sebaiknya tidak mengonsumsi telur setiap hari. Apabila anda selalu menginginkan telur maka Anda, secara bertahap, harus mengombinasikan telur dengan lauk pauk hewani dan nabati lain, misalnya ayam dan ikan fillet dibungkus telur dadar, atau tahu dan tempe dibungkus telur.

0 komentar:

Posting Komentar